PENERAPAN METODE BACA, TUNJUK, SIMAK DAN PENDAMPINGAN ORANG TUA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA SEKOLAH DASAR

PENERAPAN METODE BACA, TUNJUK, SIMAK DAN PENDAMPINGAN ORANG TUA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA SEKOLAH DASAR

  • Endang Wahju Andjariani Universitas PGRI Delta
  • Siti Aisyah SDIT Insan Kamil Sidoarjo
Kata Kunci: metode baca, tunjuk, simak dan pendampingan orang tua, ketrampilan membaca Al Qur’an

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca Al-Qur’an melalui metode baca, tunjuk, simak, dan pendampingan orang tua pada siswa kelas V SDIT Insan Kamil Sidoarjo. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Rata-rata aktivitas belajar siswa pada pra-siklus berada di bawah skor 3,00 (kualifikasi kurang). Pada siklus I, rata-rata meningkat menjadi 3,00 (kualifikasi cukup), dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 4,00 (kualifikasi baik). Adapun hasil belajar pada pra-siklus menunjukkan bahwa hanya 2 siswa (9,5%) yang mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 19 siswa (90,5%) belum tuntas dengan nilai rata-rata 73,5. Pada siklus I, ketuntasan belajar meningkat menjadi 90,5% atau 19 siswa yang tuntas dengan nilai rata-rata 74. Selanjutnya, pada siklus II, seluruh siswa (100%) mencapai ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 81, dengan demikian, metode baca, tunjuk, simak, dan pendampingan orang tua terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan membaca Al-Qur’an, aktivitas, dan hasil belajar siswa kelas V SDIT Insan Kamil Sidoarjo

##submission.authorBiography##

##submission.authorWithAffiliation##

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Referensi

Aqib, Z., & Amrullah, A. (2019). PTK: Penelitian Tindakan Kelas, teori dan aplikasi. Andi Offset.

Chairunnisa, C.,(2017), Metode Penelitian Ilmiah aplikasi dalam pendidikan dan sosial,Jakarta: Mitra Wacana Media.

Fusiroh, F., et al. (2023). Peran guru dalam mengatasi kesulitan membaca Al Qur’an pada siswa di sekolah dasar Islam. Al Ishlah: Jurnal Pendidikan Islam, 21(2), 91–99. https://doi.org/10.35905/alishlah.v21i2.6728

Hidayati, R. E., et al. (2021). Kontribusi orang tua terhadap kemampuan baca tulis Al Qur’an anak. Journal of MultidisciplinaryStudies,5(2).https://doi.org/10.22515/academica.v5i2.4111

Mutowali, I.,(2020).Manajemen Pembelajaran Hafalan Al Qur’an dengan Menggunakan Metode Klasikal Baca Simak di Yayasan Hidayatul Mustafid Batam. (Tesis magister, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau), https://repository.uin-suska.ac.id/

Nailan, A.S., & Nugraha, M. S. (2021). Peningkatan kualitas pendidikan MI melalui implementasi budaya sekolah dalam konteks instrumen akreditasi 2020. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam,6(1). https://doi.org/10.51339/akademika.v6i1.2089

Nobisa, J., & Usman. (2021). Pengunaan Metode Ummi dalam Pembelajaran Al Qur’an. Al-Fikrah: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 4(1), 44–70. https://doi.org/10.36835/al fikrah.v4i1.110

Nur’aini, H. (2020). Metode pengajaran Al Qur’an dan seni baca Al Qur’an dengan ilmu tajwid. CV. Pilar Nusantara.

Sapitri, N. M., Rifa’i, A., & Ruwaida, H. (2023). Strategi membaca Al Qur’an untuk anak usia dasar (SD/MI) di Taman Pendidikan Alqur’an. Jurnal Basicedu, 7(1),1052–1064. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4823

Saputra, M. D. A., & Nadlif, A. (2023). Problematika penerapan ilmu tajwid dalam membaca Al Qur’an peserta didik SDI Al Aziziyah. Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton, 9(3), 671–680. https://doi.org/10.35326/pencerah.v9i3.3591
Diterbitkan
2025-04-30