Pengaruh Penggunaan GeoGebra Terhadap Pemahaman Matematika Siswa SMA Kelas X pada Materi Fungsi Kuadrat

  • Alfira Ramadhany Universitas PGRI Delta
  • Risdiana Chandra Dhewy Universitas PGRI Delta
  • Nurina Ayuningtyas Universitas PGRI Delta
Kata Kunci: Fungsi Kuadrat, GeoGebra, Pemahaman Matematika, Media Interaktif.

Abstrak

Kemampuan memahami konsep dalam matematika dipandang sebagai aspek penting dalam keberhasilan proses pembelajaran terutama pada topik fungsi kuadrat yang kerap kali dianggap abstrak dan sulit dikuasai oleh sebagian besar siswa. Untuk menjawab permasalahn ini, pemanfaatan media pembelajaran berbasis interaktif seperti GeoGebra menjadi salah satu alternatif yang potensial dalam membantu mengatasi kesulitan belajar tersebut. Analisis penelitian ini dengan tujuan mengetahui pengaruh peggunaan GeoGebra terhadap pemahaman fungsi kuadrat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen dan menerapkan desain One Shot Case Study. Sampel yang digunakan 34 siswa dari kelas X-7 SMAS Hang Tuah 2 Sidoarjo. Teknik pengumpulan data meliputi observasi terhadap aktivitas pembelajaran, tes posttest, serta angket respons siswa terhadap penggunaan GeoGebra. Hasil penelitian menunjukkan bahwa GeoGebra memberikan kontribusi nyata dalam membantu siswa menghubungkan antara bentuk aljabar fungsi kuadrat dengan grafiknya melalui representasi visual yang interaktif. Sebagian besar siswa menunjukkan antusiasme dan keterlibatan aktif dalam proses pembelajaran serta memperlihatkan peningkatan pemahaman yang cukup baik terhadap materi yang diajarkan. Berdasarkan analisis regresi linier sederhana yang dilakukan, diperoleh temuan bahwa terdapat hubungan signifikan antara pemanfaatan GeoGebra dan pemahaman fungsi kuadrat pada siswa. Walaupun terdapat beberapa siswa yang masih membutuhkan bantuan teknis dalam penggunaan aplikasi, secara umum GeoGebra terbukti efektif dan memberikan dampak positif dalam mendukung proses pembelajaran matematika, terutama pada materi yang menuntut kemampuan visualisasi tinggi seperti fungsi kuadrat.

Referensi

Brod, G. (2021). How Can We Make Active Learning Work in K–12 Education? Considering Prerequisites for a Successful Construction of Understanding. Psychological Science in the Public Interest.
Cai, J., & Ding, M. (2017). Understanding Perspectives Of Experienced Chinese Mathematics Teachers. Journal of Mathematics Teacher Education.
Damayanti, R., Huda, N., & Hermina, D. (2024). Pengolahan Hasil Non-Test Angket, Observasi, Wawancara Dan. Student Research Journal, Vol 2 No 3, 260-267.
Dwiningrum, R. R. (2021, Agustus). Aplikasi GeoGebra Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Fungsi Kuadrat Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Siswa Kelas IX-B SMPN 1 Buduran. SCIENCE : Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA., Vol. 1 No. 2, 121-123.
Hamidah, N., Afidah, I. N., Setyowati, L. W., Sutini, & Junaedi. (2020, May). Pengaruh Media Pembelajaran GeoGebra Pada Materi Fungsi Kuadrat Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik. Journal of Education and Learning Mathematics Research (JELMaR), 1(1).
Hohenwarter, M., & Jones, K. (2007). Ways Of Linking Geometry and Algebra : The Case Of GeoGebra. Proceedings of the British Society for Research into Learning Mathematics, 27(3), 126 - 131.
Misbahuddin, & Hasan, I. (2013). Analisis Data Penelitian Dengan Statistik (2 ed.). Jakarta: Bumi Aksara.
Umairoh , L. H. (2018). Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Materi Fungsi Kuadrat. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Wardhani, D. S. (2008). Analisis SI dan SKL Mata Pelajaran Matematika SMP/MTS Untuk Optimalisasi Tujuan Mata Pelajaran Matematika. Yogyakarta: Pusat Pengembangan Dan Pemberdayaan Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Matematika.
Zengin, Y., Furkan, H., & Kutluca, T. (2012). The Effect of Dynamic Mathematics Software GeoGebra on Student Achievement in Teaching of Trigonometry. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 183-187.
Diterbitkan
2025-08-03