Analisis Situasi di SD Negeri Kludan Tanggulangin dalam Kegiatan Program PLP II
Analisis Situasi di SD Negeri Kludan Tanggulangin dalam Kegiatan Program PLP II
Abstrak
Tujuan kegiatan PLP II bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar adalah menyiapkan mahasiswa sebagai calon tenaga pendidik yang profesional, serta membangun landasan jati diri pendidik dan memantapkan kompetensi akademik kependidikan. Persiapan yang dilakukan dalam rangka kegiatan program PLP II meliputi pengajaran mikro, bpembekalan, observasi pembelajaran dan kegiatan persiapan mengajar. Pengelolaan kelas seringkali menimbulkan suatu permasalahan karena melibatkan seluruh anggota kelas yang mempunyai karakter yang berbeda-beda. Dalam hal ini, seorang guru harus dapat mengantisipasi, memahami, dan menemukan solusi untuk permasalahan tersebut dengan cepat, dan tepat. Situasi yang ditemukan dalam kelas seringkali berbeda jauh dari perencanaan yang sudah tertuang dalam RPP. Oleh karennya, seorang guru harus mempunyai rencana cadangan andai kata terjadi hal-hal diluar dugaan. Diperlukan kedekatan dengan siswa untuk mengetahui karakterkarakter siswa sehingga membantu dalam mengatasi masalah yang timbul pada saat pembelajaran. Pada saat menemui hambatan-hambatan, mahasiswa berusaha meminimalkan hambatan seperti menggunakan metode mengajar yang interaktif dan menarik sehingga siswa termotivasi untuk aktif di dalam kelas. Selain itu, mengantarkan materi harus relevan dan sesuatu dengan kehidupan peserta didik
Referensi
Arsad, A., Ramadhan, R., & Lariyos, Z. (2023). Pelatihan Penulisan Wacana Persuasif Otomatis Sebagai Media Peningkatan Kemampuan Berbicara Mahasiswa Program D-III Keperawatan Buton. Journal Of Human And Education (JAHE), 3(2), 161-121.
Azaluddin, A., Bahar, S. B., & Rahim, A. (2022). Pelatihan Administrasi Keuangan Organisasi Himpunan Mahasiswa Program Studi Ahwal Al-Syakhshiyah Universitas Muhammadiyah Buton. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia Sejahtera, 1(3), 83-89.
Faslia, F., Acoci, A., Akbar, A., Kamarudin, K., Irwan, I., & Ali, A. M. (2021). Sosialisasi Penerapan Protokol Kesehatan di SD Negeri 10 Gu Buton Tengah. Jurnal Abdidas, 2(4), 730-736.
Fitriani, B., Aswat, H., & Sari, E. R. (2021). Pelatihan Pembuatan Pop Up Book dengan Memanfaatkan Limbah Sampah Sebagai Media Pembelajaran Sains bagi Guru Sekolah Dasar. Jurnal Abdidas, 2(5), 1180-1187.
Cahyani, N. K. W., Suputra, I. P. J., Suryaningsih, M. A., Permatananda, P. A. N. K., & Sari,
N. L. P. E. K. (2023). Upaya Peningkatan Pengetahuan Kesehatan Siswa-Siswi Sekolah melalui Program Bina Sekolah Sehat: Adaptasi Pandemi COVID-19. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 8(2), 421–431.
Iksan, M., Irwan, I., Samritin, S., Alzarliani, W. O., & Lawelai, H. (2022). Pelatihan Sitasi Dan Manajemen Daftar Pustaka Menggunakan Software Mendeley Untuk Meningkatkan Kualitas Karya Tulis Ilmiah. Journal of Community Empowerment, 1(1), 7-12.
Iman, A. M., & Ulfi, R. A. (2021). Pengabdian Masyarakat Dengan Meningkatkan Minat Anakanak Terhadap Pentingnya Pendidikan di Kampung Pondok Manggis, Bojong Gede. Proceedings Uin Sunan Gunung Djati Bandung, 1(58).
Kamaruddin, S., Maknun, T., & Iswary, E. (2021). Ribka Tjiptaning's Provocative Speaking Action in Social Media: Forensic Linguistic Study. Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton, 7(4), 670-678.
Kemal, I. (2022). Meningkatkan Pendidikan Proses Belajar Mengajar Anak-Anak Di Kelurahan Nelayan Indah Kecamatan Labuhan. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 634–640.
Manan, M., Ali, A. M., Agusalim, A., Suardin, S., Akbar, A., & Suarti, S. (2022). Sosialisasi Penggunaan Bahasa Baku Pada Penulisan Karya Ilmiah Mahasiswa PGSD Universitas Muhammadiyah Buton. E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 1243-1250.
Muhtarom, T., & Novitasari, A. (2023). Pelaksanaan Program PDS (Penerjunan Dosen ke Sekolah) sebagai Upaya Kolaborasi LPTK dengan Sekolah Mitra , Penguatan Kompetensi Profesionalisme Dosen Prodi PGSD UPY dan Pemecahan Permasalahan Sekolah Mitra SD Muhammadiyah Wirobrajan 2 Yogyakarta Received. Dedikasi Nusantara, 3(01), 10–16.
Muslim, M., Nawawi, H., Matje, I., Ode, M. N. I., & Yusnan, M. (2022). Pelatihan Penulisan Makalah Mahasiswa Dalam Menghindari Plagiarisme Pada Aplikasi Turnitin. SOROT: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 37-41.
Risman, K., Susanti, S. M., & Jeti, L. (2022). Pendampingan Eksternal RA Baitul Hidayah dalam Mempersiapkan Kelayakan Akreditasi. Room of Civil Society Development, 1(2), 124-129.
Sadat, A., Nastia, N., & Hastuti, H. (2021). Optimalisasi Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Potensi Desa Wisata di Kabupaten Buton Selatan. Empowerment: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(03), 261-268.
Samrina, T., Nazriani, N., & Nurlaila, M. (2022). ANALISIS TINDAK TUTUR DALAM FILM YANG TAK TERGANTIKAN KARYA HERWIN NOVIANTO. JEC (Jurnal
Edukasi Cendekia), 6(2), 21-
28.
Santoso, A., & Rusmawati, Y. (2019). Pendampingan Belajar Siswa di Rumah melalui Kegiatan Bimbingan Belajar di Desa Guci Karanggeneng Lamongan. Jurnal Abdimas Berdaya : Jurnal Pembelajaran, Pemberdayaan Dan Pengabdian Masyarakat, 2(02), 36–43.
Sari, E. R., Aswat, H., La, M., Onde, O., & Rizkayati, A. (2023). Pendampingan Mahasiswa dalam Pembelajaran Ekstrakurikuler SD Negeri kludan . Jurnal Pengabdian Wakaaka, 1(1), 14– 21.
Septiana, N. (2023). Pelatihan Penyusunan Artikel Buletin Sekolah Bagi Guru SD Muhammadiyah Pahandut Palangkaraya. KREATIF: Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, 3(2).
Yulianti, R., Zainuri, A., & Sururi, A. (2019). Pemberdayaan dan Pendampingan Anak Putus Sekolah Berbasis Pembelajaran Kelas Motivasi Dan Non Akademik di Kota Serang. Bantenese - Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1).