ANALISIS KARAKTER DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB SISWA PADA PENGGUNAAN BAHASA DI SDN BANJARSARI
Abstrak
Penelitian memiliki tujuan untuk mengidentifikasi serta menganalisa perilaku disiplin dan tanggung jawab siswa sekolah dasar dalam penggunaan bahasa. Metode penelitian ini menggunakan pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menghasilkan petunjuk bahwa di kelas 4 dan kelas 2, terdapat banyak siswa yang menggunakan campuran bahasa seperti bahasa Jawa, bahasa Indonesia, dan bahasa Madura, Pelaksanaan penelitian ini bertempat di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Banjarsari Buduran Sidoarjo. Berdasarkan analisis tersebut, ditemukan bahwa banyak siswa menggunakan bahasa Jawa, sementara beberapa siswa lainnya menggunakan bahasa Indonesia. Selain itu, penelitian ini mengungkap bahwa siswa umumnya menggunakan bahasa Jawa dalam kehidupan sehari-hari karena pengaruh lingkungan keluarga. Meskipun demikian, meskipun banyak siswa menggunakan bahasa Jawa, mereka tetap konsisten dalam mematuhi aturan penggunaan bahasa Indonesia yang telah ditetapkan. Guru membantu menggalakkan penggunaan bahasa Indonesia dengan memberikan tugas seperti menulis puisi dan membuat majalah dinding. Evaluasi penggunaan bahasa dilakukan dengan memeriksa hasil karya siswa berupa tugas- tugas tulis.
Referensi
Ainurrohman, M. T. (2022). Revitalisasi Karakter Disiplin Era Adaptasi Kebiasaan Baru Siswa Kelas Rendah Sekolah Dasar. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5996-6005.
Aisah, A. &. (2022). Analisis Penggunaan Bahasa Prokem Pada Remaja Di Desa Kutanegara Kabupaten Karawang. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 11(1), 120-137.
Apriyanti, M. E. (2021). Peran Manajemen Waktu dan Kedisiplinan Dalam Memengaruhi Hasil Belajar Optimal. Jurnal Pendidikan.
Asyari, M. M. (2021). Nilai-nilai Pendidikan Karakter Dalam Tradisi Apitan Masyarakat Singocandi Kudus. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 34-40.
Diantami, T. Y. (2023). Pentingnya Pendidikan Bahasa Dalam Membangun Karakter Yang Berbudaya Di SMP PGRI 9 Sidoarjo. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Bahasa, 2(2), 132-144.
Ernawati, I. A. (2023). Perkembangan ragam bahasa dalam komunikasi mahasiswa di lingkungan kampus UPN "Veteran" Jawa Timur. Jurnal Pengabdian West Science, 2(06), 406-420.
Febriyanto, B. P. (2020). Pendidikan Karakter Dan Nilai Kedisiplinan Peserta Didik Di Sekolah. Jurnal Elementaria Edukasia, 3(1), 85-91.
Harlina, H. &. (2020). Peran Pembelajaran Bahasa dalam Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Bindo Sastra 4(1), 63-68.
Rosita, D. (2022). Pendidikan Karakter nilai disiplin dan tanggun jawab dalam Pembelajaran tematik di sekolah dasar.
Jurnal Cakrawala pendas, 8 (2), 449-
456.
Samani, M. &. (2020). Konsep Dan Model Pendidikan Karakter.
Wisudariani, e. (2021). Vsoliditas dari Biografis Teks Sedang belajar perlengkapan di dalam E-Pembelajaran Internasional Konferensi pada Teknologi pada Teknologi dan Ilmu Pendidikan.