Analisis Model Pembelajaran Students Question Learning Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas XI di MA Banu Hasyim

  • nor fadilah Pendidikan Sejarah Universitas PGRI Delta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh berbagai model pembelajaran terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran sejarah. Seiring dengan perkembangan pendidikan, penggunaan model pembelajaran yang efektif menjadi kunci dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi sejarah yang sering dianggap abstrak dan membosankan. Dalam penelitian ini, digunakan dua model pembelajaran utama, yaitu Students Question Learning untuk mengidentifikasi pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Students Question Learning (SQL) memberikan dampak yang signifikan dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi sejarah, terutama dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan mendorong siswa untuk lebih aktif terlibat dalam pembelajaran. Sebaliknya, model Discovery Learning juga memberikan dampak positif, tetapi dengan fokus yang lebih pada pencarian dan penemuan informasi oleh siswa secara mandiri. Penelitian ini menyarankan agar model pembelajaran berbasis pertanyaan dan eksplorasi lebih sering diterapkan dalam pembelajaran sejarah untuk memfasilitasi siswa dalam memahami konteks dan makna sejarah secara lebih mendalam

Published
2025-01-29
How to Cite
fadilah, nor. (2025). Analisis Model Pembelajaran Students Question Learning Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas XI di MA Banu Hasyim . Jurnal Genta: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Humaniora, 1(01), 32-40. Retrieved from https://ejournal.universitaspgridelta.ac.id/index.php/genta/article/view/808