PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS 3

  • Asep Nurhidayat Universitas Pendidikan Indonesia
Kata Kunci: Problem Based Learning (PBL), membaca pemahaman, Bahasa Indonesia

Abstrak

Membaca merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang sangat penting di samping keterampilan berbahasa lainnya. Karena membaca merupakan sarana untuk mempelajari dunia lain yang diinginkan sehingga manusia bisa memperluas pengetahuan, bersenang-senang, dan menggali pesan-pesan tertulis hanya dengan membaca. Akan tetapi, membaca bukanlah suatu pekerjaan yang mudah. Membaca adalah sebuah proses yang bisa dikembangkan dengan menggunakan pendekatan, teknik, strategi, dan metode yang sesuai dengan tujuan membaca tersebut. Kegiatan membaca pemahaman merupakan suatu kegiatan yang bertujuan untuk mendapatkan informasi yang mendalam serta pemahaman tentang apa yang dibaca. Pentingnmya membaca pemahaman bagi siswa yakni untuk memperoleh pemahaman penuh terhadap argumen-argumen yang logis, siswa dapat menentukan ide pokok dalam bacaan, siswa dapat membaca seluruh isi bacaan dengan cermat, dan siswa dapat mengemukakan kembali isi bacaan dengan menggunakan kalimat sendiri. Salah satu model pembelajaran yang mempunyai cara belajar peserta didik yang kreatif adalah model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan membaca pemahaman pada pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas 3 SDN 138 Gegerkalong Girang Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif, dengan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah (1) observasi, (2) tes, dan (3) dokumentasi. Tahapan-tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah: (1) tahap persiapan; (2) tahap pelaksanaan; (3) tahap pengolahan data; dan (4) tahap pelaporan, menyusun analisis data dan kesimpulan hasil penelitian dalam bentuk laporan akhir.

Diterbitkan
2023-11-29