PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SOAL CERITA BANGUN DATAR KELAS IV SD DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL AJATAKA

PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SOAL CERITA BANGUN DATAR KELAS IV SD DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL AJATAKA

  • Endang Wahyu STKIP PGRI Sidoarjo

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan  aktivitas  dan hasil belajar  Matematika materi soal cerita Bangun Datar pada siswa  kelas  IV-C semester 2  SDIT Insan Kamil Sidoarjo Tahun  Pelajaran  2018/2019 melalui  pembelajaran  kooperatif  Teams  Games  Tournament (TGT) model Ajataka (Aku Jawab Tantangan Kamu). Siklus I dengan Pembelajaran kooperatif TGT model Ajataka materi Bangun Datar Persegi dan Persegi Panjang. Hasil pencapaian siklus I belum berhasil. Pada siklus II yaitu dengan pembelajaran Kooperatif TGT model Ajataka materi Bangun Datar Segitiga mengalami peningkatan drastis. Jadi hasil pencapaian keaktivan dan hasil belajar pada soal cerita materi Bangun Datar siswa kelas IV-C SDIT Insan Kamil dengan penerapan pembelajaran Kooperatif TGT model Ajataka meningkat dari tindakan yang diberikan siklus I dan siklus II. Sehingga tindakan yang diberikan pada siswa cukup 2 siklus.

Diterbitkan
2020-04-26