ANALISIS PENDIDIKAN MORAL AGAMA DALAM KELUARGA DI KABUPATEN SIDOARJO
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa pentingnya Pendidikan moral agama dalam keluarga. Karena manusia merupakan sumber daya yang perlu dididik sebagai generasi penerus bangsa. Dalam lingkungan keluarga orang tua memegang tanggung jawab terhadap anak sebagai amanah dan karunia dari Allah SWT. Pengembangan nilai moral agama erat anak akan memiliki budi pekerti seorang anak, sikap sopan santun, kemauan melaksanakan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari. menurut (Nuzul, 2011) pendidikan moral akan terus berkembang dengan berbagai pendapat dan aspek budipekerti, nilai moral dan keagamaan. Melalui pendidikan agama tersebut, diharapkan individu dapat mengembangkan potensi takwa kepada Allah SWT. Apabila potensi ini berkembang dengan baik, maka individu akan dapat mengendalikan diri agar terhindar dari bentuk-bentuk prilaku yang bertentangan dengan nilai-nilai agama yang tertanam dalam dirinya. Dan salah satunya adalah keluarga. Pendidikan keluarga adalah fase awal dan basis bagi pendidikan seseorang. Ia juga merupakan pusat pendidikan alamiah yang berlangsung dengan penuh kewajaran. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan pada bulan Januari 2023 pada salah satu keluarga di Kabupaten Sidoarjo. Peran pendidikan di lingkungan keluarga mulai terkikis dengan kehidupan masyarakat yang mulai materialistik, dimana orang tua mulai tidak memainkan perannya yang besar sebagai pendidik tempat mula anak mendapatkan pendidikan, baik moralitas. Karena dapat memberikan dampakyang positif bagi anak, maka sebaiknya pendidikan moral pada anak diajarkan pada anak sedini mungkin.