Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kreativitas Dengan Kegiatan Hidroponik
Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih rendahnya kreativitas siswa kelas IV di SDN Kelbung 2. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas siswa melalui pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning) dengan topik keanekaragaman hayati melalui kegiatan hidroponik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi dan angket. Kegiatan dilaksanakan selama dua kali pertemuan, di mana siswa diajak menghias botol bekas sebagai media tanam hidroponik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model PjBL mendorong siswa untuk lebih bebas dalam menyampaikan ide, berpikir dengan berbagai cara, dan menghasilkan karya yang unik. Selain itu, siswa juga menunjukkan semangat tinggi dan inisiatif saat menyelesaikan proyek secara berkelompok. Pembelajaran melalui proyek ini terbukti mampu membuat siswa lebih kreatif dan terlibat aktif dalam proses belajar.
Referensi
Waluyo, M. R., Nurfajriah, Mariati, F. R. I., & Rohman, Q. A. H. (2021). Pemanfaatan Hidroponik Sebagai Sarana Pemanfaatan Lahan Terbatas Bagi Karang Taruna Desa Limo. Ikraith-Abdimas, 4(1), 61–64. https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/IKRAITH-ABDIMAS/article/download/881/669
Nurhadiyati, A., Rusdinal., & Fitria, Y. (2021). Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. JURNAL BASICEDU, 5(1), 328-329.
Nurrisa, F., Hermina, D., & Norlaila. (2025). Pendekatan Kualitatif dalam Penelitian: Strategi, Tahapan, dan Analisis Data. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran (JTPP), 2(03), 793 -794.
Setiawan, L., Wrdani, N.S., & Permana, T.I . (2021). peningkatan Kreativitas Siswa Pada Pembelajaran Tematik Menggunakan Pendekatan Problem Based Learning. JURNAL BASICEDU, 5(4), 1880-1882.