UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MATERI BENCANA ALAM MENGGUNAKAN MODEL PBL DI SDN BANYUAJUH 3

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MATERI BENCANA ALAM MENGGUNAKAN MODEL PBL DI SDN BANYUAJUH 3

  • Elly Dwi Fauzianah Universitas Trunojoyo Madura
  • Natasya Regina A Universitas Trunojoyo Madura
  • Dela Nur Fitriani Universitas Trunojoyo Madura
Kata Kunci: Kata Kunci: Hasil Belajar, IPAS, PBL.

Abstrak

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada Pelajaran IPAS materi Bencana alam Kelas V SDN Banyuajuh 3. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan model pembelajaran PBL untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada Pelajaran IPAS materi Bencana alam kelas V SDN Banyuajuh 3. Penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas desain model Kemmis dan Mc Tanggart dengan pendekatan kualitatif. Tahapan pelaksanaan penelitian melalui perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari setiap pelaksanaan siklusnya, di mana perolehan pada pra siklus dengan presentase 56%. Pada siklus I presentase 61% dan siklus II dengan presentase 81% dengan persentase ketuntasan 81%. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar antara prasiklus ke siklus I dan siklus II mengalami peningkatan hasil belajar dengan menggunakan PBL.

 

 

##submission.authorBiographies##

##submission.authorWithAffiliation##

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Fakultas Pendidikan

Universitas Trunojoyo Madura

##submission.authorWithAffiliation##

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Fakultas Pendidikan

Universitas Trunojoyo Madura

##submission.authorWithAffiliation##

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Fakultas Pendidikan

Universitas Trunojoyo Madura

Referensi

Angraini, L., Fitri, R., Darussyamsu, R. (2022). Model Pembelajaran Problem-Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Peserta Didik: Literature Review. Jurnal Pembelajaran Biologi. 11(1), 42-49.
Hotimah,H. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar. JURNAL EDUKASI. VII(3),6.
Sunny Novakhta, V., Siti Sundari, F., Kurniasih, M., Prajabatan Gelombang, P., Pakuan Kota Bogor, U., Polisi, S., & Bogor, K. (n.d.). PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DENGAN MEDIA KONKRET UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V E DI SDN POLISI 1 KOTA BOGOR.
Diterbitkan
2024-05-31