QUIZIZZ: MEDIA GAMES UNTUK MENINGKATKAN PERHATIAN DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA

  • Ayu Rahayu USN Kolaka
Kata Kunci: Quizizz, Perhatian, Hasil Belajar

Abstrak

Pemahaman yang baik terhadap materi pembelajaran merupakan hal yang wajib dimiliki oleh setiap mahasiswa. Pemahaman dibangun melalui perhatian dalam menyimak materi yang dibahas pada proses pembelajaran. Perhatian yang intens akan menghasilkan pemahaman yang baik sehingga nantinya akan berdampak positif terhadap hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan quizizz sebagai media games terhadap perhatian dan hasil belajar mahasiswa. Jenis penelitian yaitu quasi eksperimental dengan posttest-only design. Sampel penelitian yaitu 30 mahasiswa sebagai kelas kontrol dan 30 mahasiswa sebagai kelas ekperimen. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi untuk mengukur perhatian mahasiswa dan tes uraian untuk mengukur hasil belajar. Persentase perhatian mahasiswa pada kelas kontrol yaitu 56.63% pada kategori baik sedangkan kelas ekperimen yaitu 65.52% pada kategori baik. Hasil belajar pada uji prasyarat menunjukkan data berdistribusi normal dan homogen. Uji hipotesis dengan independent sample t-tes yaitu nilai sig (0.01)<0.05 sehingga dinyatakan ada pengaruh penggunaan quizizz terhadap peningkatan perhatian dan hasil belajar mahasiswa.  

 

Referensi

Darmawan, M. S., Daeni, F., & Listiaji, P. (2020). The Use Of Quizizz As An Online Assessment Application For Science Learning In The Pandemic Era. Unnes Science Education Journal, 9(3), 144–150. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/usej

Djamarah, S. B. (2015). Psikologi Belajar. Rineka Cipta.

Hariyanto. (2021). Benefits Of Student Attention in The Implementation Of Learning. Turkish Journal of Computer and Mathematics Education (TURCOMAT), 12(3), 3616–3630. https://doi.org/10.17762/turcomat.v12i3.1642

Hlas, A. C., Neyers, K., & Molitor, S. (2019). Measuring student attention in the second language classroom. Language Teaching Research, 23(1), 107–125. https://doi.org/10.1177/1362168817713766

Keller, A. S., Davidesco, I., & Tanner, K. D. (2020). Attention matters: How orchestrating attention may relate to classroom learning. CBE Life Sciences Education, 19(3), 1–9. https://doi.org/10.1187/cbe.20-05-0106

Krishnan, P. (2019). A review of the non-equivalent control group post-test-only design. Nurse Researcher, 26(2), 37–40. https://doi.org/10.7748/nr.2018.e1582

Kurniawan, C. D., & Huda, M. M. (2020). Pengaruh Penggunaan Quizizz Sebagai Latihan Soal Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sd. Jurnal Pena Karakter, 3(1), 37–41.

Lodge, J. M., & Harrison, W. J. (2019). The role of attention in learning in the digital age. Yale Journal of Biology and Medicine, 92(1), 21–28.
Muji, A. P., Ambiyar, A., Aziz, I., & Hidayat, H. (2021). The implementation of Quizizz-based online evaluation in higher education: An exciting alternative for evaluation. International Journal of Research in Counseling and Education, 5(2), 186–194. https://doi.org/10.24036/00478za0002

Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945

Purba, L. S. L. (2019). Peningkatan Konsentrasi Belajar Mahasiswa Melalui Pemanfaatan Evaluasi Pembelajaran Quizizz Pada Mata Kuliah Kimia Fisika I. Jurnal Dinamika Pendidikan, 12(1), 29. https://doi.org/10.33541/jdp.v12i1.1028

Ropii, M., & Fahrurrozi, M. (2017). Evaluasi Hasil Belajar. In Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Salamah, D., & Maryono. (2022). Pembelajaran Team Quiz Berbantuan Quizizz Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(November), 461–470.

Sitorus, D. S., & Santoso, T. N. B. (2022). Pemanfaatan Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Game Pada Masa Pandemi Covid-19. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 12(2), 81–88. https://doi.org/10.24246/j.js.2022.v12.i2.p81-88

Suharsono, A. (2020). the Use of Quizizz and Kahoot! in the Training for Millennial Generation. IJIET (International Journal of Indonesian Education and Teaching), 4(2), 332–342. https://doi.org/10.24071/ijiet.v4i2.2399

Surgandini, A. (2018). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Materi Berdasarkan Kesulitan Belajar Mahasiswa Papua pada Perkuliahan Aljabar Linear dan Penumbuhan Karakter Percaya Diri. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 9(2), 120–138.

Widoyoko, E. P. (2012). Teknik penyusunan instrumen penelitian. Pustaka Pelajar.

Zaifullah, Z., Cikka, H., & Kahar, M. I. (2021). Strategi Guru Dalam Meningkatkan Interaksi Dan Minat Belajar Terhadap Keberhasilan Peserta Didik Dalam Menghadapi Pembelajaran Tatap Muka Di Masa Pandemi Covid 19. Guru Tua : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 9–18. https://doi.org/10.31970/gurutua.v4i2.70
Diterbitkan
2023-04-13