MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR KOMPUTER AKUNTANSI MELALUI PENERAPAN METODE PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS XII-AKL 2 SMK NEGERI 1 PAMEKASAN

  • Irwan Jaya SMK Negeri 1 Pamekasan
Kata Kunci: : problem based learning, minat belajar, , hasil belajar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perubahan minat dan prestasi belajar siswa kelas XII-AK 2 pada mata pelajaran Komputer Akuntansi dengan menggunakan metode problem based learning, dan  Untuk mengetahui perubahan hasil belajar siswa kelas XII-AKL2 pada mata pelajaran Komputer Akuntansi di SMK Negeri 1 Pamekasan. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas XII-AKL 2 SMK Negeri 1 Pamekasan sebanyak 25 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis, angket, observasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Dari hasil analisis data didapatkan bahwa keahtipan belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu, siklus I dengan Skor rata-rata 68,4 dengan persentase kurang 44 % (11 siswa ), Cukup 24 % ( 6 siswa ), dan baik 32 % (8 siswa ).  Pada siklus II  Skor rata-rata 79,6 dengan persentase kurang 8 % (2 siswa ), cukup  12 % (3 siswa ), dan aktifitas  baik 80 % ( 20 siswa ).Hasil prestasi siswa juga menunjukkan perubahan setelah proses belajar mengajar dengan Penerapan Metode Pembelajaran PBL. Dengan demikian tingkat ketuntasan belajar siswa pada siklus II secara klasikal telah dinyatakan tuntas.Simpulan dari penelitian ini adalah  bahwa metode pembelajaran  problem based learning dapat berpengaruh positif terhadap  siswa dalam proses pembelajaran terutama terhadap peningkatan prestasi belajar siswa yang ditunjukkan dengan meningkatnya nilai rata-rata siswa dari 67,2 dengan ketuntasan belajar mencapai 56 % pada siklus I menjadi rata- rata 80,4  dengan ketuntasan belajar mencapai 92  % pada siklus II.

Diterbitkan
2022-07-31