DEVELOPMENT OF 3D CULTURAL CARD MEDIA TO IMPROVE THE LEARNING OUTCOMES OF PANCASILA EDUCATION CLASS V ELEMENTARY SCHOOL

  • Rif atul Laily M. Faisal STKIP PGRI Delta
  • Eni Nurhayati Universitas PGRI Delta
  • Anggra Lita Sandra Dewi Universitas PGRI Delta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Kartu Budaya 3D, untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pendidikan pancasila di SD. Pada materi keragaman budaya Indonesia dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika. Memperkenalkan keragaman budaya di Indonesia merupakan upaya mendidik generasi bangsa menjadi multidimensi. Jenis penelitian pengembangan (R&D) ini menggunakan model ADDIE, yang terdiri dari lima tahap, yaitu: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi validasi ahli media dan ahli materi, modul pengajaran, pretest dan posttest. Hasil penelitian ini menunjukkan kelayakan media sebesar 90% dengan kategori layak pakai tanpa revisi. Sedangkan ketuntasan belajar siswa sebesar 86,66%, yang berarti media kartu budaya 3D efektif digunakan untuk proses belajar mengajar. Peningkatan hasil belajar juga dihitung menggunakan N-gain yang menghasilkan nilai 0,7308 dengan interpretasi kategori Tinggi. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar menggunakan media 3D Cultural Card.

Kata kunci: Media pembelajaran, Kartu Budaya 3D, Hasil belajar

Author Biographies

Eni Nurhayati, Universitas PGRI Delta

Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Fakultas Ilmu Pendidikan

Anggra Lita Sandra Dewi, Universitas PGRI Delta

Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Fakultas Ilmu Pendidikan

References

Arikunto. (2010). Prosedur penelitihan Suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineke Cipta.

Datunsolang, A. (n.d.). STRATEGI PEMBELAJARAN GURU AL- QUR ’ AN HADIS DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA, 1–13. http://dx.doi.org/10.30984/jpai.v4i2.2708
Dwi Hariani, N., Wibowo, S., & Nurhayati, E. (2022). Pengembangan Media Miniatur Sistem Tata Surya (Misitaya) Menggunakan Direct Instruction Siswa Kelas Vi Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 1089–1103. https://doi.org/10.23969/jp.v7i2.6224
Giwangsa, S. F. (2021). Pengembangan Media Kartu Kuartet Pada Pembelajaran Ips Sekolah Dasar. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 8(1), 40–48. https://doi.org/10.25134/pedagogi.v8i1.3992
A. Hutagalung, T. B., Andriany, L., Matematika, P., & Guru, P. P. (2024). Filosofi Pendidikan Yang diusung Oleh Ki Hadjar Dewantara dan Evolusi Pendidikan di Indonesia, 2(3). https://doi.org/10.61132/morfologi.v2i3.615
Irma Sukarelawa, M., Kus Indratno, T., & Musvita ayu, S. (2024). N-Gain vs Stacking Analisis perubahan abilitas peserta didik dalam desain one group pretest-posttest.
Kusuma, S. P., Bahri, & Tati, A. D. R. (2021). Narasi Pancasila dan Tujuan Pendidikan Nasional dalam Sejarah Sistem Pendidikan Nasional di Indonesia. Pattingalloang, 8(1), 11–20. https://doi.org/10.26858/pattingalloang.v7i1.12476
Lestari, F. D., Ibrahim, M., Ghufron, S., & Mariati, P. (2021). Pengaruh Budaya Literasi terhadap Hasil Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5087–5099. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1436
Mubarok, M. K., Zahro, F., Rahayu, B., Wulan, S., Wahju, E., Studi, P., … Dasar, S. (2023). Pengembangan Permainan Multiply Cards Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Siswa Pada Materi Perkalian Di Kelas V MI NU Tenggulunan Sidoarjo, 9(1), 15–23. https://doi.org/10.58258/jime.v9i1.4072/http
Ningsih, S., Susilo, T. A. B., & Dewi, A. S. (2023). Pengembangan Multimedia Interaktif Articulate Storyline pada Materi Tematik Kelas V Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 1823 1838. https://doi.org/10.23969/jp.v8i2
Nurfitriyah, I., Rahayu Sri Wulan, B., & Nurhayati, E. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Energi Kelas Iv Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 5943–5956. https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.10204
Oktavia, M., Prasasty, A. T., & Isroyati. (2019). Uji Normalitas Gain untuk Pemantapan dan Modul dengan One Group Pre and Post Test. Simposium Nasional Ilmiah Dengan Tema: (Peningkatan Kualitas Publikasi Ilmiah Melalui Hasil Riset Dan Pengabdian Kepada Masyarakat), (November), 596–601. https://doi.org/10.30998/simponi.v0i0.439
Oktaviani, S., Mawardah, M., & Purnamasari, S. D. (2024). Pengaruh Media Kartu Angka Bergambar Terhadap Kecerdasan Logika Matematika pada Taman Kanak-Kanak Mandiri Palembang The Influence of Media Picture Number Cards on Mathematical Logic Intelligence in Taman Kanak-Kanak Mandiri Palembang Universitas Bina Darm, 2(1), 161–170. 10.31004/basicedu.v5i6.1436
Rahmawati, E., & Dewi, G. K. (2020). Penerapan Media Pembelajaran Peta Tiga Dimensi Melalui Pembelajaran Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas IV SDN Banjaran Kecamatan Driyorejo Kabupaten Gresik. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(2), 10–18. https://doi.org/10.58258/jime.v6i2.1340
Sumarsono, Meinaldo Badrian, dan M. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Kartu “ Kuartet Kingdom ” Pada Pembelajaran Tematik Materi Kerajaan Hindu , Budha Dan Islam Di Indonesia Untuk Kelas IV Sekolah Dasar. Universitas Negeri Surabaya, 08(03), 487–496.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: IKAPI.
Yulianto, H. (2024). Disiplin Positif Pada Kurikulum Merdeka : Tinjauan Filosofi Pendidikan
Menurut Ki Hajar Dewantara Positive Discipline https;//dx.doi.org/10.35914/tomaega.v6i3.1769
Published
2024-10-21