Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Turnamen Dengan Permainan Ludo Terhadap Hasil Belajar Sejarah SMK PGRI 4 Sidoarjo
Abstrak
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa setelah guru menerapkan model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) dengan permainan ludo. Penelitian ini dilakukan di SMK PGRI 4 Sidoarjo pada siswa kelas X IPS 1 yang berjumlah 24 siswa semester genap. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Untuk pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian berupa lembar tes hasil belajar siswa. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini yaitu data tes hasil belajar siswa setelah mengikuti proses pembelajaran dengan menggunakan metode tes. Setelah data diperoleh, data yang telah terkumpul dianalisis denganmenggunakan teknik analisis deskriptif yaitu analisis tes hasil belajar siswa yang dianalisis menggunakan ketuntasan hasil belajar individu dan ketuntasan hasil belajar secara klasikal. Siswa dikatakan tuntas secara individu apabila memperoleh nilai ≥65 dan suatu kelas dikatakan tuntas secara klasikal apabila mendapatkan KKM di dalam kelas tersebut berjumlah ≥65%. Kesimpulan penelitian ini yaitu penerapan model pembelajaran TGT dengan permainan ludo berpengaruh terhadap hasil belajar siswa
