MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE PADA SISWA KELAS II SD NATION STAR ACADEMY

  • Ery Rahmawati STKIP PGRI Sidoarjo

Abstrak

Mata pelajaran IPA sekolah Dasar (SD) terus menjadi ancaman bagi siswa, terutama di kelas kecil. Hal ini disebabkan guru masih belum memiliki metode yang tepat untuk digunakan di kelas dan pembelajaran belum realistis dan hanya sekedar penyampaian. Salah satu solusi yang tepat untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan metode pembelajaran picture and picture, yaitu model pembelajaran yang dimana siswa dituntut untuk lebih aktif, inovatif dan kreatif dalam proses pembelajaran berbasis media gambar. Tujuan penelitian ini adalah menggunakan metode pembelajaran Picture and picture untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas kecil. Menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dalam bentuk penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan dua pertemuan pada setiap siklusnya. Penelitian ini dilakukan di SD Nation Star Academy. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus dengan hasil penelitian menunjukkan pada pra tindakan, siswa yang hasil belajaranya memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) sebanyak 8 anak atau 40%. Setelah dilaksanakan pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture pada siklus I, jumlah siswa yang mencapai KKM yaitu 14 anak atau 65%. Pada siklus II, siswa yang memenuhi KKM meningkat menjadi 17 anak atau 85%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pengajaran Picture and Picture terbukti mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas bawah. Peran guru dalam penerapan metode pembelajaran Picture and Picture merupakan kunci utama

Diterbitkan
2024-07-12