Evaluasi Penerapan Hak Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusif: Kasus Kepatuhan di Jawa Timur Berdasarkan UU No. 8 Tahun 2016

  • Dedi Dores Universitas Kristen Cipta Wacana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepatuhan sekolah inklusif di Jawa timur terhadap implementasi Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas, khususnya dalam konteks pendidikan dasar dan menengah. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan metode studi kasus, data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan kuesioner dari tujuh sekolah inklusif di wilayah Sidoarjo, Malang, dan Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepatuhan sekolah terhadap regulasi pendidikan inklusif masih bersifat parsial dan belum merata di seluruh dimensi. Hanya sebagian kecil sekolah yang telah menyediakan infrastruktur ramah disabilitas dan menyusun Program Pembelajaran Individual (PPI) secara sistematis. Selain itu, keterlibatan orang tua masih rendah, pelatihan guru belum merata, dan dukungan dari Dinas Pendidikan cenderung terbatas karena keterbatasan anggaran dan sumber daya manusia. Temuan juga mengungkapkan bahwa interaksi sosial antar siswa belum sepenuhnya inklusif, dengan masih adanya praktik pengucilan terhadap siswa berkebutuhan khusus. Oleh karena itu, diperlukan sinergi antara kebijakan, pelatihan guru, pemberdayaan orang tua, dan penguatan budaya sekolah agar pendidikan inklusif dapat diterapkan secara menyeluruh dan berkeadilan

References

Alhadi, A., Nuryani, P., Rohimah, S., & Andriani, O. (2024). Analisis Landasan Yuridis dalam Pendidikan Inklusi. Jurnal Ventilator, 2(1), 1–6.
Ardhika, R., & Syaifudin, M. (2023). Analisis kebijakan pemerintah mengenai sekolah inklusif. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(8), 7255–7258.
Astawa, I. N. T. (2021). Pendidikan Inklusi Dalam Memajukan Pendidikan Nasional. Guna Widya: Jurnal Pendidikan Hindu, 8(1), 65–76.
Azkiyah, N. (2023). Penegakkan peraturan daerah kabupaten brebes tentang perlindungan dan pemenuhan hak penyandang disabilitas dalam pendidikan inklusi perspektif fikih siyasah. UIN KH Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Benuf, K., & Azhar, M. (2020). Metodologi penelitian hukum sebagai instrumen mengurai permasalahan hukum kontemporer. Gema Keadilan, 7(1), 20–33.
Budianto, A. A. (2023). Pentingnya pendidikan inklusif: Menciptakan lingkungan belajar yang ramah bagi semua siswa. Jurnal Kajian Pendidikan Dan Psikologi, 1(1), 12–19.
Fionita, W., & Nurjannah, E. (2024). Implementasi Pendidikan Inklusif Sebagai Perubahan Paradigma Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 2(2), 302–311.
Herdiansyah, H. (2013). Wawancara, observasi, dan focus groups: Sebagai instrumen penggalian data kualitatif (1st ed.). Raja Grafindo Persada.
Istikhanah, A. S., & Andriani, O. (2023). IMPLEMENTASI LANDASAN KONVENSIONAL DAN YURIDIS DALAM PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN INKLUSI DI SEKOLAH DASAR KABUPATEN BUNGO. Jurnal Pendidikan Vokasi Dan Seni (JPVS), 2(1), 41–46.
Jannah, A. M., Setiyowati, A., Lathif, K. H., Devi, N. D., & Akhmad, F. (2021). Model layanan pendidikan inklusif di Indonesia. Anwarul, 1(1), 121–136.
Juhairi, I., & Sudrajad, W. (2022). Exploring The Role Of Code-Switching In Bilingual Classroom Interactions. At-Ta’lim: Jurnal Pendidikan, 8(2), 213–218.
Mujiharto, G., & Pramono, T. (2022). Implementasi Peraturan Gubernur Jawa Timur Nomor 30 Tahun 2018 Tentang Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif Provinsi Jawa Timur. Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia, 2(9).
Mukarromah, W. R. U., Wibowo, S., Sudrajad, W., & Handayani, T. (2024). The Evolution of Colonial Legal Regulations in 19th Century Dutch East Indies Classical Literary Texts. International Journal of Sustainable Law, 1(2), 59–65.
Muslimin, L. L. Y. L., & Muqowim, M. (2021). Peran Kepala Sekolah Terhadap Kebijakan Pendidikan Inklusi di Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(3), 708–718.
Nadhiroh, U., & Ahmadi, A. (2024). Pendidikan inklusif: membangun lingkungan pembelajaran yang mendukung kesetaraan dan kearifan budaya. Ilmu Budaya: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 8(1), 11–22.
Nurhadipa, S., Ratna, P. L., Ulhasanah, N., & Andriani, O. (2024). Tantangan Pendidikan Inklusi Berdasarkan Peraturan Perundangan Di Indonesia. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa Dan Pendidikan, 4(1), 160–164.
Purbasari, Y. A., Hendriani, W. H., & Yoenanto, N. H. (2022). Perkembangan implementasi pendidikan inklusi. JP (Jurnal Pendidikan): Teori Dan Praktik, 7(1), 50–58.
Robiyah, S., Atiqoh, A., Ardhani, H. R., & Andriani, O. (2024). Implementasi Landasan Hukum Pada Pendidikan Inklusi. Jurnal Ilmiah Research Student, 1(3), 547–555.
Sahrudin, M., Djafri, N., & Suking, A. (2023). Pengelolaan Pendidikan Inklusif. Jambura Journal of Educational Management, 162–179.
Sukomardojo, T. (2023). Mewujudkan pendidikan untuk semua: Studi implementasi pendidikan inklusif di Indonesia. Jurnal Birokrasi & Pemerintahan Daerah Volume, 5(2), 205–214.
Syahputri, A. Z., Della Fallenia, F., & Syafitri, R. (2023). Kerangka berfikir penelitian kuantitatif. Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pengajaran, 2(1), 160–166.
Syakur, A., Sudrajad, W., Winurati, S., & Tilwani, S. A. (2023). The Motivation of Students and Their Exposure to Learning Loss After the Pandemic. Studies in Learning and Teaching, 4(3), 622–633.
Tanjung, R., Supriani, Y., Arifudin, O., & Ulfah, U. (2022). Manajemen penyelenggaraan pendidikan inklusi pada lembaga pendidikan Islam. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(1), 339–348.
Wahyudi, F., & Latif, A. (2023). Pendidikan Inklusif di Indonesia Perspektif Maqashid Syariah. Journal of Dissability Studies and Research (JDSR), 2(2), 86–103.
Wibowo, S., & Fitriany, A. (2025). INTEGRASI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH: STUDI PADA MATA KULIAH SEJARAH KEBUDAYAAN INDONESIA. Consilium: Education and Counseling Journal, 5(1), 678–690.
Yasin, M. I., Fikri, M. H., Sudrajad, W., & Dewi, M. (2025). Understanding Character Dialogue in Modern English Literature: A Qualitative Study on Students’ Cognitive Processes in Literary Learning. Journal of Development Research, 9(1), 92–100.
Yunus, V., Zakso, A., Priyadi, A. T., & Hartoyo, A. (2023). Pendidikan Inklusif Pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 9(2), 313–327.
Published
2025-07-09