Pengaruh Model TGT Terhadap Kemampuan Menyusun Kalimat Bahasa Inggris pada Siswa Kelas III SDN Martajasah Bangkalan
Abstrak
Penelitian dilakukan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model TGT terhadap kemampuan menyusun kalimat bahasa inggris pada siswa kelas III SDN Martajasah Bangkalan pada mata pelajaran bahasa inggris materi simple present tense. Metode penelitian ini metode kuantitatif. Populasi penelitian ialah seluruh siswa kelas III SDN Martajasah Bangkalan sekaligus sample penelitian berjumlah 27 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara, observasi, dan penyebaran pretest dan posttest. Data yang terkumpul melalui tes kemudian dianalisis menggunakan uji paired simple t-test yang terlebih dahulu diuji normalitas. Hasil rata posttest lebih besar dibanding rata pretest yang berarti adanya peningkatan setelah diberikannya perlakuan penerapan model TGT. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan signifikansi (2- tailed) 0.000 < 0. 05 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. T-hitung yang didapat berdasarkan signifikansi 0.05 dan df 26 sebesar 10. 974 dengan T-tabel 1.70329. Artinya, T-hitung > T-tabel. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh model TGT terhadap kemampuan siswa terhadap menyusun kalimat Bahasa Inggris simple present siswa kelas III SDN Martajasah Bangkalan.
Referensi
Arikunto, Suharsimi. ( 2012 ). Dasar – Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.
Fadhillah Amin Nur.,dkk. ( 2003 ). Konsep Umum Populasi Dan Sampel Dalam Penelitian. Jurnal Kajian dan Islam Kontemporer. Vol. 14, No. 1.
Lenaini Ika. ( 2021 ). Teknik Pengambilan Sampel Purposive Dan Snowball Sampling. Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah. Vol.6, No. 1.
Mahardi, I. P. Y. S, dkk. (2019). Model Pembelajaran Teams Games Tournament Berbasis Kearifan Lokal Trikaya Parisudha terhadap Pendidikan Karakter Gotong Royong dan Hasil Belajar IPA. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia. Vol. 1, No. 1.
Muhson Ali. ( 2006). Teknik Analisis Kuantitatif. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta
Paramita, Ratna. W. D, dkk. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif: Buku Ajar Perkuliahan Metodologi Penelitian bagi Mahasiswa Akuntansi dan Manajemen. Lumajang; Widya Gama Press.
Rusman. (2016). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Bandung: PT Mulia Mandiri Press.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Hasanah, Uswatun, dkk. (2020). Penerapan Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) dengan Permainan Ludo terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. Vol. 3, No. 2
Susanna. (2017). Penerapan Teams Games Tournament (TGT) melalui Media Kartu Domino pada Materi Minyak Bumi Siswa Kelas XI MAN 4 Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. Vol. 3, No. 2
Seprina, Reka. (2022). Pengembangan Model Pembelajaran Team Games Tournaments (TGT) Berbasis Fotografi Bukti Peninggalan Sejarah Pada Tingkat SMA. Jurnal Nirwasita. Vol. 3, No. 2






